Masyarakat Taiwan Puji Liao Chien-tsung Pilot Pesawat TransAsia GE235



PekanbaruNew, Internasional – Liao Chien-tsung Pilot pesawat TransAsia GE235 berasil dilibut Media Taiwan tentang asal usulnya, liao berasal dari keluarga miskin, putera dari pasangan pedagang keliling. Ia belajar keras sebelum lulus ujian bergabung dengan Angkatan Udara Taiwan. Ia kemudian menjadi bagian dari China Airlines, pesawat utama Taiwan, sebelum bergabung dengan TransAsia. Liao Chien-tsung (42), dipuji sebagai pahlawan oleh para ahli penerbangan. Sang pilot dianggap mampu mengarahkan pesawat menjauhi area yang berpopulasi banyak penduduk dan gedung-gedung tinggi sehingga korban jiwa bisa diminimalisir.

Menurut laporan-laporan media, seperti yang dirilis juga oleh The Straits Times, Liao Chien-tsung berusaha sekuat tenaga untuk mengendalikan pesawat ATR-72-600 turboprop. Terutama melewati antara gedung-gedung komersial maupun apartemen yang berada di dekat Bandara Songshan, sebelum jatuh ke sungai.

"Berdasarkan jalur terbangnya, pilot membelokkan dan menghindari rintangan. Pilot rupanya berusaha untuk menghindari korban lebih lanjut dengan mendaratkan pesawat di sungai. Ini langkah yang sangat berani," tutur analis penerbangan berbasis Hong Kong, Daniel Tsang pada AFP.

Seperti yang dilaporkan kantor berita Taiwan, CNA, pihak Civil Aeronautics Administration (CAA)  mengatakan bahwa pilot berteriak "Mayday" tiga kali tak lama setelah lepas landas dari Bandara Songshan, Taipei.

Masyarakat banyak yang bersimpati dan menyampaikan pujian pada pilot dan rasa dukacita mereka melalui media sosial.

"Saya percaya pilot berusaha mengendalikan pesawat menjauhi gedung-gedung tinggi. Dia pahlawan," kata Gin Oy, seorang penulis dan artis melalui akun Facebooknya.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: